Senin, 20 Desember 2010 | |

Perawatan Rambut Rontok


Perawatan rambut rontok memang gampang-gampang susah. Apalagi kalau anda sudah mencoba berbagai macam hal tetapi kerontokan rambut terus terjadi dalam jumlah banyak.
Patahnya rambut memang tidak bisa dihindari karena setiap helai rambut memiliki ketebalan yang berbeda-beda. Tetapi jika anda menyisir menggunakan tangan dan jumlah rambut yang rontok (patah) selalu ada, maka sudah seharusnya anda melakukan perawatan rambut rontok. Jangan menganggap enteng patahan rambut yang mudah sekali anda dapatkan.
Anda juga tidak perlu menunggu sampai kerontokan rambut anda dalam kondisi serius untuk melakukan perawatan rambut rontok. Semakin cepat anda mengobati dan merawat akan semakin cepat pemulihan kesehatan rambut anda.
Berikut beberapa tips ringan yang bisa anda lakukan sendiri untuk perawatan rambut rontok  di rumah :
1. Gunakan Hair Tonic. Baik setelah anda keramas maupun pada saat rambut anda dalam kondisi kering. Perawatan rambut rontok menggunakan hair tonic agar menguatkan akar rambut dan menumbuhkan dengan cepat sel-sel rambut, sehingga rambut anda semakin lebat dan kuat.
2. Gunakan Hair Conditioner. Jika hair tonic digunakan untuk menumbuhkan dan menguatkan rambut, sedangkan perawatan rambut rontok menggunakan hair conditioner adalah untuk menyehatkan rambut. Karena sifat asam pada conditioner akan melawan sifat rambut yang alkalis (terlebih setelah keramas) sehingga akan menutup kutikula rambut seperti semula. Perawatan rambut rontok menggunakan hair conditioner juga menjadikan batang rambut lebih berkilau karena kandungan minyak yang ada.
3. Kurangi Hairdryer. Mengeringkan rambut menggunakan hairdryer setiap selesai keramas, akan membuat minyak pada kulit kepala berkurang, yang akibatnya membuat rambut rapuh dan rambut kurang mendapat nutrisi. Perawatan rambut rontok yang paling efektif adalah kurangi penggunaan hairdryer bagi anda yang sering menggunakannya.  Lebih baik keringkan dengan handuk atau diangin-angikan hingga kering.
4. Tidak Mengikat (Menutup) Rambut Saat Basah. Nah, jika anda memang ingin melakukan perawatan rambut rontok sedini mungkin, lakukan tips keempat ini.  Sebab mengikat (menutup) rambut pada keadaan basah akan merapuhkan rambut yang mempermudah kerontokan.
5. Gerai Rambut Saat Tidur. Perawatan rambut rontok selanjutnya adalah lepas ikatan di rambut pada saat anda tidur. Agar rambut anda dapat “bernafas” setelah seharian beraktivitas dengan anda di ruangan ber-AC, terkena terik matahari, air laut, atau tempat lainnya.
6. Gunakan Vitamin. Meski tidak harus, tetapi perawatan rambut rontok dengan vitamin rambut akan memberikan nutrisi tambahan bagi rambut anda. selain itu, vitamin rambut dapat mengkilaukan warna rambut serta mengharumkan rambut anda.
7. Rajin Keramas. Nah, perawatan rambut rontok yang ini wajib anda lakukan rutin. Pastikan anda keramas tidak lebih dari 2 atau 3 hari sekali. Sebab jika lebih dari 2 atau 3 hari, maka minyak kulit kepala akan mengikat banyak debu maupun kotoran rambut yang membuat rambut anda semakin lepek dan mudah patah. Perawatan rambut rontok dengan keramas teratur adalah perawatan termudah dan termurah untuk kesehatan rambut.
8. Makan Makanan Bergizi. Nutrisi internal yang diperoleh rambut adalah dari makanan yang anda makan. Jika anda ingin melakukan perawatan rambut rontok melalui perubahan pola makan, makanlah sumber makanan yang banyak mengandung zat besi seperti ikan laut. Atau yang mengandung protein seperti kacang-kacangan.
Selamat mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar