Sabtu, 11 Desember 2010 | |

Jangan Ikut Aplikasi 'Siapa yang Melihat Profil Anda' di Facebook


Facebooker, apakah akhir-akhir ini sering melihat tawaran untuk mengetahui siapa saja yang melihat profil Anda? Hati-hati, sebaiknya tidak perlu mengkliknya, karena tautan aplikasi itu dipastikan adalah malware atau program jahat terbaru yang tengah beredar di Facebook. Ya, penipuan ini memang tengah gencar wara-wiri di News Feed Facebook. Salah satu bentuknya adalah melalui update status teman Facebook yang berbunyi: "OMG OMG OMG... I cant believe this actually works! Now you really can see who viewed your profile! on [LINK]."

Nah, pengguna yang penasaran kemungkinan besar akan mengkliknya dan mereka pun menjadi korban. Firma keamanan komputer dan internet Sophos mencatat, hanya dalam beberapa jam lebih dari 60 ribu orang telah mengklik tautan tersebut.

"Saat mengkliknya, Anda diarahkan ke halaman web yang mendorong Anda mengizinkan aplikasi tersebut memiliki akses ke profil Facebook Anda," kata konsultan teknologi senior di Sophos, Graham Cluley. Cluley coba memperingatkan Facebooker bahwa aplikasi tersebut bohong belaka. Lagipula sebelumnya, Facebook juga sudah pernah mengonfirmasikan bahwa tidak ada cara untuk mengetahui siapa yang telah melihat profil kita

"Kami bekerja keras memblokir dan menghapus website, halaman dan aplikasi yang mengklaim bisa melakukan hal ini. Jika Anda melihat hal-hal seperti ini, jangan tertipu, dan segera laporkan kepada kami," ujar Facebook pada halaman security di situsnya.

Terlanjur menjadi korban? Jangan khawatir Cluley punya saran ampuh untuk menghalaunya. "Hapus referensi ke tautan tersebut dari News Feed Anda, dan cabut hak bagi aplikasi aneh untuk mengakses profil Anda melalui Account/ Privacy Settings/ Applications and Websites," demikian saran Cluley.

0 komentar:

Posting Komentar