Minggu, 15 April 2012 | |

Cara Mendaur Ulang Kertas

Majalah Goes Green edisi November 2007 menyebutkan, 1/5 dari seluruh pohon di dunia yang ditebang berakhir menjadi kertas. Untuk membuat 1 ton kertas diperlukan 2 ton hingga 3½ ton pohon dan prosesnya membutuhkan lebih banyak air dibandingkan produk-produk lainnya. Jika pohon banyak ditebang, maka salah satu unsur pengurai gas CO2 yang semakin hari jumlahnya semakin banyak dan kini melebihi ambang batas akan semakin jauh dari keseimbangan antara pengurai dan gas yang akan diurai. 
 
Diperlukan 1 batang pohon usia 5 tahun untuk memproduksi 1 rim kertas. Limbah yang dihasilkan dari proses produksi kertas juga sangat besar, baik secara kuantitatif dalam bentuk cair, gas, dan padat, maupun secara kualitatif. Proses pembuatan kertas menggunakan bahan kimia berpotensi menjadi limbah berbahaya bagi lingkungan

Cara memilah kertas :
  1. Pisahkan kertas ke dalam tiga kelompok: kertas kantor putih, koran, dan kertas campuran warna. Kebanyakan program akan mengumpulkan tepi jalan seperti ini.
  2. Mendaur ulang semua kertas putih kantor (biasanya dari printer laser atau mesin fotokopi) bersama-sama. Pastikan untuk menghapus bungkus mereka masuk Ini adalah kelas rendah kertas dan tidak dapat didaur ulang dengan kertas kantor putih dan harus didaur ulang dengan kertas campuran warna. 

  3. Ambil koran, dan menempatkan mereka dalam kantong cokelat, yang dapat didaur ulang dengan surat kabar, atau mengikat mereka dalam bundel dengan tali (serat alami). menyisipkan iklan berwarna juga dapat didaur ulang dengan koran. Pastikan untuk menghapus pita karet, plastik dan segala sesuatu yang tidak kertas
  4. Tempatkan semua kertas warna dicampur bersama-sama. Ini termasuk apapun dari majalah ke junk mail. Staples tidak perlu dihapus. Hapus semua stiker plastik, kartu keanggotaan dan segala sesuatu yang tidak kertas.
 
 Bahan - bahan yang diperlukan untuk mendaur ulang kertas

 

Cara membuat kertas daur ulang

 Manfaat Kertas Daur Ulang



0 komentar:

Poskan Komentar